Untuk yang Lebih Baik

11 10 2009

Akhir-akhir ini kuperhatikan anak kecil itu menjadi lebih rajin sholat berjama’ah di masjid. Di antara jama’ah sholat yang bisa dihitung dengan jari, cukup mudah bagiku mengenalinya dari jama’ah lain yang hampir semuanya sepuh. Ditambah mukena putih bunga-bunga ungu miliknya yang menarik mata. Dengan langkah riang khas bocah, dia melangkah menuju masjid ketika adzan mulai berkumandang. Kemudian ia menggelar sajadahnya dan duduk di serambi masjid. Setelah itu, ia akan mengangkat tangannya, membentuk sikap do’a. Kuperhatikan mukanya lekat-lekat, tampak kesungguhan dalam meminta. Entah apa yang ia panjatkan, aku ingin tahu. Aku ingin tahu, kenapa dia selalu datang lebih awal akhir-akhir ini.

Aku ingin lulus ujian nasional dengan nilai yang baik, aku ingin membahagiakan bapak dan ibuku. Aku sudah berusaha untuk belajar dengan benar, tapi aku tahu Allahlah yang menentukan hasil dari usaha kita. Makanya, aku harus berdo’a, meminta kepada Allah atas keinginanku untuk sesuatu. Berdo’a dengan baik dan sungguh-sungguh agar Allah mengabulkan do’aku. Kata guru mengajiku, ada waktu-waktu yang baik untuk berdo’a, ketika peluang do’a itu terkabul lebih besar dari do’a pada waktu biasa. Dulu, aku datang ke masjid ketika iqamah atau bahkan ketika raka’at terakhir, habis kalau adzan aku masih asik main sama teman-teman. Lalu ayahku berkata beberapa hari lalu bahwa waktu antara adzan dan iqamah itu juga waktu yang utama untuk berdo’a. Maka aku tak ingin melewatkan kesempatan itu.

Sederhana. Ia ingin, ia berusaha dan ia berdo’a. Semua dengan kesungguhan. Ketika ia tahu keutamaan dari apa yang ia kerjakan, ia sanggup untuk meninggalkan apa yang menjadi kesenangannya. Toh, dalam ‘aktivitas baru’nya yang lebih baik, ia juga menemukan kesenangan: kesenangan sebagai hamba.

.hijaudaun, 111009, ingatan masa kecil.


Actions

Information

2 responses

11 10 2009
hanif

“Toh, dalam ‘aktivitas baru’nya yang lebih baik, ia juga menemukan kesenangan: kesenangan sebagai hamba.”

semoga kita ga kalah sama anak kecil itu,, =)

11 10 2009
kerlip

iya aniip, amiin, mari2 berusaha… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: