Jungkir Balik Geriatri

9 10 2009

2006? SOLID!!:mrgreen:

Teman2, ini ada sedikit warisan dari kelompok I-kan yang ketiban giliran pertama melewati stase Geriatri. Semoga bermanfaat.

Sebelum masuk geriatri, tentu lebih baik kalau teman-teman tahu apa itu geriatri. Katanya, tak kenal maka ta’aruf (kenalan), hehe. Geriatri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang kesehatan dan penyakit pada usia lanjut. Pasien geriatri berbeda dari pasien usia lanjut. Ada beberapa ciri khas pasien geriatri yang membedakannya dari usila, yaitu: multipatologi (penyakitnya >2), daya cadangan faal menurun, perubahan status fungsional (PENTING ini, nanti belajar lebih lanjut ya), gejala klinik yang tidak khas (misal pneumonia yang biasanya ditandai demam dan batuk berdahak justru yang terlihat hanya gejala penurunan nafsu makan atau bahkan delirium), dan gangguan nutrisi. Cukup ya kenalannya, sekarang lanjut ke kegiatan dan tugasnya ya..

Kalo kata anak-anak 05, geriatri cuma sibuk di minggu pertama. Kalo kata anak-anak yang baru aja lewat Geriatri (termasuk saya): “lho kok minggu pertamanya gak selesai2 sampai bulan udah ganti, sampai 4 minggu sudah terlalui”😀. Kalau di total2, tiap orang kebagian tugas seperti ini:
1. Diskusi Kasus Polifarmasi (cari kasus sendiri, pasien dengan obat >4)
2. Diskusi Kasus Instabilitas Postural (cari kasus sendiri, pasien dengan instabilitas postural, bisa dari Poliklinik atau Rawat Inap). Saran saya sih, mending cari pasien Poli Geri yang lagi nunggu antrian (karena pemeriksaannya lumayan banyak). Terus data lainnya bisa dilihat di Rekam Medik alias status pasien (asal tahu nama lengkap dan nomer statusnya). Atau, cari pasien rawat inap aja yang udah stabil kondisi akutnya.
3. Diskusi Kasus Fungsi Kognitif (gak ada syarat harus ada defisit fungsi kognitif, cuma lebih mudah dikaji kalo emang ada gangguannya kan)
Ketiga tugas diatas harus dikumpul di minggu kedua.
4. Diskusi Topik, semacam Pleno. Satu rombongan dibagi 4 kelompok, intinya satu orang akan kebagian satu topik, misal tentang instabilitas, inkontinensia uri, frailty, atau topik yang lain (tergantung kamu kebagian apa). Tugas dikumpul dalam bentuk ppt di minggu pertama, hari tergantung jatah kelompokmu (antara Selasa atau Rabu).
3. Journal Reading, baca jurnal terus dipresentasiin. Raga GJ si waktu itu, hehe. Tugas kelompok yang harus dikumpul dalam bentuk ppt di minggu pertama juga.
4. Case Write Up. Ini bahan (makalah) yang kita susun untuk ujian kasus. Kasusnya kasus Rawat Inap, harusnya pasiennya ditentuin sama pihak pengelola. Tapi karena waktu itu mau lebaran,(jadi pasiennya banyak yang pulang) akhirnya kita bagi-bagi sendiri sesuka hati deh. Nah, nanti dari kasus dan makalah itu kita akan diuji secara lisan sama dokternya. Dokter penguji bisa dari Psikiatri, Rehab Medik, dan IPD tentu saja. Dokternya baik-baik kok.. apalagi sama dr. ERW(hehehehehehehehehehehehehehehe) ^^V.
5. Resume Poliklinik 3 kasus, dikumpul di akhir stase
6. Rekam Medik Rawat Inap khusus Geriatri (yang lebih tebel dari Rekam Medis biasa):mrgreen:

Sekarang bahas tentang ujian ya..
1. Pretest dan PostTest, “cuma” formatif. Soal mirip-mirip sama yang tahun lalu.
2. Sumatif. Jujur, susah. Tapi masih ada yang bisa dapat A kok, berarti kamu juga bisa, hehe. Waktu itu si banyakan soal kasus, ada 50 soal, ada yang dari kuliah, dari diskusi, dan nalar pun harus bermain.:mrgreen:
3. Ujian Kasus. sudah dijelaskan di atas.
4. Mini Cex, yang nguji dokter2 IPD. Mirip-mirip mini-cex modul FCP di IPD kok. Nilai? Tergantung dokternya sih, biasa lah hidup di klinik kan emang abu-abu (baca: subjektif). Oiya, mini-cex itu hitungannya formatif.

Kegiatan? Yang jelas kebanyakan masuk jam 7 atau 7.30 sampai jam 15.00. Tapi kadang habis itu masih pada berkeliaran di PW Lt.8 buat lihat-lihat status atau follow up. Kalau saya sih, lebih seneng nongkrong disana, bisa tanya-tanya sama PPDSnya soalnya.. Mereka baik-baik banget kok (yang sekarang lagi di Rawat Inap lho ya). Yang penting sopan santun dan sok akrab. Jangan malu bertanya, nanti malu-maluin lho, hehe… Tapi hati-hati sama PPDS yang semalam baru jaga, kadang ada yang irritable gitu.. liat2 sikon lah.
Selain kuliah dan diskusi, Geriatri dipenuhi dengan Kerja Poliklinik, Kerja Bangsal, Visite bersama DPJP, Ronde, dan kunjungan ke PUSAKA (Pusat Santunan dalam KeluargA). Seru, seru, seru abis. Ya, walaupun gak bisa dipungkiri, kami harus jungkir balik, banting tulang, banting kursi, sampai patah tulang. Halah…
Buku yang dipakai buku IPD, PPM IPD juga membantu untuk membuat rencana diagnosis dan terapi, Farmakoterapi FKUI atau Katzung atau Goodman and Gillman, Essential of Geriatric Medicine (kalo gak salah inget).
Sekian infonya, semoga bermanfaat. Semangat Geriatri!! Semoga sukses😀

Kalau ada yang mau ditanya, silakan.. Semoga bisa dibantu. Bisa juga bertanya ke teman-teman rombongan I (Abhi, Adly, Boni, Caesar, Tian, Ata, Adi, Ferdi, Rimah, Karpus, Kerlip, Lele, Nessya, Rania, Nani, Rodri, Shelli, W, Suria, Tibon, Vidya, Zerry).

Bonus file-file:mrgreen:
pre-post-test
Contoh CASE WRITE UP


Actions

Information

6 responses

11 10 2009
hanif

wadooohhh,, geriatri heboh gila yaaaa,, hohooo,, kerlip pasti dapet A lah yaaa,, ^^ makasi dah berbagi lip!! =D

11 10 2009
kerlip

hihihi, iya nip.. heboh sampe pada irritable.. A? amiin…sama2 nip… met ketemu geriatri 3 minggu lagi🙂

11 10 2009
zoethaeque

Tambahan. Bagi yang merasa bahwa Geriatri itu subspesialistik banget, tunggu ampe u masuk modul Geriatri. Bagi yang suka IPD dan penalaran ala IPD, well, u akan jatuh cinta. Bagi yang gak suka ya, nikmati aja hdupmu, hhehehehe. Soalnya ada istilah bahwa KGer itu adalah IPD-nya IPD. Bahkan Kadeptnya IPD aja Konsulen Geriatri :p

11 10 2009
zoethaeque

BTW, zoethaeque itu Rodri.

11 10 2009
kerlip

setuju Rod, esp bagian ini “bagi yang suka IPD dan penalaran ala IPD, well, u akan jatuh cinta”. I’m really falling in love with it, LOL.
emang siapa Kadept IPD??
eh, kok namanya ganti si? bukannya merpati perak (semacam itulah, lupa tepatnya)?

11 10 2009
zoethaeque

darahperakpelangi, hehehe. Itu kan nama blognya. Nama usernamenya itu zoethaeque dari dulu, nama cyber w.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: