Azzam dalam Do’a

13 06 2009

Bismillah…

Do’a itu ibadah. Do’a itu itu kekuatan. Do’a itu harapan. Do’a itu pupuk bagi mimpi. Do’a itu tanda ketundukan hati. Do’a itu obat paling mujarab. Do’a itu senjata bagi orang yang beriman. Maka, berdo’alah…

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah),
bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa
apabila ia memohon kepada-Ku.
Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala
perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu
berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah 2:186)

Allah sudah berjanji, akan mengabulkan do’a kita. Dan wajib bagi kita percaya bahwa janji-Nya adalah pasti. Dengarlah sabda Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam:

“Sesungguhnya Rabb kalian Yang Mahasuci lagi Mahatinggi itu Mahamalu lagi Mahamulia, Dia malu terhadap hamba-Nya jika dia mengangkat kedua tangannya kepada-Nya untuk mengembalikannya dalam keadaan kosong.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah & Tirmidzi).

Maka berdo’alah… “langit” mendengar pinta kita dan akan mengabulkannya… Salah satu syarat dikabulkannya do’a kita adalah azzam. Artinya kesungguhan. Yup. Do’a itu butuh kesungguhan.

Apabila kamu berdo’a janganlah berkata, “Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau menghendaki, rahmatilah aku kalau Engkau menghendaki dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki.” Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang dikehendakiNya dan tidak ada paksaan terhadap-Nya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka di dalam do’a kita, azzam harus ada… bukan dikte atau paksaan, tapi kesungguhan… setinggi bintang pun mimpi kita, kita dapat mencapainya… karena tak ada yang mustahil bagi Allah ‘Azza wa Jalla

Wallahua’lam bish shawab

*Judulnya bukan cari sensasi Ketika Cinta Bertasbih lho…biarpun sama kaya pemain utamanya*
*tulisan terinspirasi dari kajian online di radio ini, silakan dibuka jika ingin mendengarkan versi lengkapnya*


Actions

Information

14 responses

13 06 2009
Crescent Hikari

… karena tak ada yang mustahil bagi Allah Azza wa Jalla

wallahu’alam bish shawab

ya ukhti ada kesalahan penulisan dalam artikelnya. Tolong dibetulkan. Mungkin dapat dibenarkan menjadi:

… karena tak ada yang mustahil bagi Allah ‘Azza wa Jalla

wallahu a’lam bish shawab

syukron…

14 06 2009
kerlip

jazakallah

14 06 2009
capungcapungkecil

bener ga, terkabulnya do’a berhubungan dengan tasawuf?? (asking anyone)

14 06 2009
kerlip

hm…kurang tau juga ya capung2 kecil… tapi sebelumnya, mungkin bisa lebih diperjelas tasawuf yg sperti apa ya?

15 06 2009
capungcapungkecil

saya sendiri kurang mengerti dengan definisi tasawuf, tapi setahu saya hakekat tasawuf adalah mendekatkan diri kepada Tuhan..

16 06 2009
yang.tertohok

Mb, saya tertohok…😦

Ternyata diri ini baru bisa menuntut… meminta banyak sama Allah dgn azzam yg patut dipertanyakan… huhuhuuuu…😦

Terima kasih untuk tohokan indah ini mb.. heheeee…:)

16 06 2009
kerlip

sama2 de’… ini jg skalian menasehati diri sendiri…
skalian mempraktikan “kabura maqtan ‘indAllahi antaquulu maa laa taf’aluun”
alhamdulillah jika bermanfaat…
ayo perkuat azzam kita…🙂

21 06 2009
hidayatus

nambahin boleh gak?
dengan berdoa menunjukkan kalo kita itu lemah…dan perlu Allah.
Seseorang yang gak mau berdoa..ia “menyombongkan” diri seolah-olah tidak perlu Allah.

21 06 2009
kerlip

gk boleh… hehe… udah tlanjur ditulis tuh,😀
makasih tambahannya tus… semoga kita bukan termasuk orang yg sombong
amiin…🙂

22 06 2009
mromi

Kapan yaa “do’a ini bisa benar-benar menjadi senjata mu’minin” sehingga kita (muslimin) tidak seperti sekarang ini yang seolah-olah tersisihkan…?
salam ukhuwah
http://mromi.wordpress.com/

22 06 2009
kerlip

hm, kalo menurut saya do’a seorang mukmin itu sudah menjadi senjata kok…
setidaknya untuk melawan ketakutan… karena pada dasarnya keberanian itu adalah ketakutan yang dibumbui do’a…
kalo yg dimaksud untuk menghadapi masalah secara global ya… wallahua’lam bish shawab…
yg penting terus berdo’a, dengan kesungguhan hati tentunya:mrgreen:

salam ukhuwah juga🙂

22 06 2009
hidayatus

“gk boleh… hehe… udah tlanjur ditulis tuh, :D”

Ya udah..diem ah gak mau nambahin2 lagi gak mau comment lagi

heheh

…..

Bercanda2 kerlip…tetep akan comment kok

22 06 2009
kerlip

😛

31 01 2010
aiyda

semoga Allah mengabulkan semua do’a-do’a ku..Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: