D.E.A.D.L.I.N.E.R.S

28 05 2009

Bismillah…

Kata teman-teman saya, mengerjakan tugas mendekati deadline itu lebih enak. Pada saat itu adrenalin terpacu sehingga pikiran pun lebih lancar dan tugas akan lebih cepat selesai. Untuk membuktikan ucapan ini, saya mencoba menjadi deadliners: sengaja ngerjain tugas H-sekian dr deadline. H disini bukan hari lho, tapi hour..🙂

Hasilnya? Adrenalin saya agak error mungkin ya.. Jadi agak kacau… ngasal dan seadanya… Kapok deh… Besok2 gk akan nyoba lagi kalo gak kepaksa (macem kebanyakan tugas). Setiap orang punya cara sendiri-sendiri lah ya (selama tidak menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal)… termasuk mengerjakan tugasnya… Lebih enak menikmati ketenangan malam hari sebelum tugas dikumpulkan, daripada bertenang-tenang di hari sebelumnya dan bikin heboh di malam deadline… (menurut saya lho ya..). belum lagi memperhitungkan kemungkinan ngambeknya scanner, printer dsb..

SEMANGKA!!

…………………..sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri..(Q.S Ar Ra’d : 11)

Wallahu a’lam bish-shawab


Actions

Information

4 responses

30 05 2009
uzzy

SETOJA! setuju sangat!

kalau di psikologi bahasanya The Power of Kepepet… memang dahsyat c (bagi sebagian orang) krn mampu memaksa ide2 brilian yg tadinya tertutupi rasa malas dsb. ibaratnya orang yang dikejar anjing buldoser,,,eh, anjing apa itu mb yg gedhe n syerem?? yah, pokokmen guguk itu lah… Orang yg tadinya gak mampu ngeloncatin lebarnya selokan pun jadi enteng buat nglangkahi sungai…karena KEPEPET, selak digigit guguk… mungkin seperti itu kali yaaa analoginyaaa…

tapi ternyata ada yg lbii menjamin kesuksesan kita yaitu: PREPARATION! persiapan yg matang… di mana ada proses koreksi n evaluasi sblm tugas itu selesai… insyaALlah lbii sempurnaaaa…:-D

inget gak mb kata2 andalan di tld dulu? “Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”

huheheee… maybe seperti itu yaaa maksutnya mb kerlip.. btw nice posting mb! sangat menginspirasi saia…:-D

30 05 2009
kerlip

setoja = setuju sangat?? (wah, kosa kata baru nih.. :D)
dikejar anjing apa buldozer de’? hehe…
iya.. maksudnya sperti itu de’… kalo dari jauh2 hari dikerjakan, masih ada waktu untuk memperbaiki…
kalo deket2 deadline jadi asal, pas2an dan gak optimal… T.T

4 06 2009
ANONYM

Assalamu’alaykum…

Halo *,salam kenal:)

Aku memberi komentar selaku seorang deadliner sejati nih…🙂

Hehe..sebenarnya jujur saja memang jika dalam keadaan deadline, otakku jadi berpikir semakin ‘extra’ lebih dari biasanya. And usually it works bro! Apalagi jika menyangkut pesenan desain aplikasi,animasi,atau publikasi. Alhamdulillah dikaruniai(atau azab ya^^) Allah sifat yang cuek dan santai jadi waktu mepet deadline perasaan dan otak ini gak kebawa stress justru ide-ide yang mengalir secara ‘ajaib’.

Namun kini aku menyadari kalo mengerjakan sesuatu mepet hari H itu tidak baik. Baik dalam segi kerja otak maupun psikologi. Karena sekarang aku tau cara kerja seorang deadliners juga berpengaruh besar terhadap cara berpikir dan karakteristik mereka.

– Deadliners cenderung menganggap remeh sebuah masalah
– Deadliners cenderung berorientasi kepada hasil bukan proses
– Deadliners cenderung untuk berpikir secara instan (hampir mirip dengan pemikiran para artis karbitan yang ingin tenar dengan ikut acara2 yang menjual mimpi!!)
– Deadliners cenderung berpikir bagaimana cara agar suatu tugas selesai saja, asal jadi, asal bapak senang
– Deadliners cenderung mengesampingkan proses learning

Beranjak dari pemikiran seperti itulah aku ingin mengubah sisi deadiners dari diriku walaupun untuk mengubah sifat ini susahnya minta ampun:(

Apalagi jika sudah menyangkut strategi dakwah dan kaderisasi!
Yang ada dipikiran deadliners hanya konsep yang tidak akan terealisasi. Padahal dalam kasus ini ada proses pencitraan, koleksi, seleksi, upgrading, implementasi, dan evaluasi yang terus berkesinambungan. Deadliners tidak akan berpikir sejauh ini!

” Suatu kebaikan yang tidak terencana akan dikalahkan oleh keburukan yang terencana”

Minta doanya temen2 biar nih sifat deadliners yang ada di diri ini cepet ilang ya..:)

Wallahua’lam bishsshowwab…

4 06 2009
kerlip

wa’alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh,
salam kenal juga ya ANONYM
terimakasih atas kesediaannya membaca dan memberi komentar pada tulisan ini…
infonya oke punya nih, curhatan langsung seorang deadliners, hehe…
amiin… semoga yang baca tulisan ini ikut mendoakanmu ya…(tp do’anya ditujukan utk siapa nih kalo ANONYM??)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: