Seperti Bulan

27 05 2009

Bismillah…

Beberapa saat tadi sebelum tulisan ini mengalir… saya melihat kalimat berikut “terpasang” di status facebook adik kelas saya. Banyak yg ngelike…termasuk saya..🙂; alhasil ditulis disini deh…

“Setiap orang ibarat bulan, memiliki sisi kelam yg tak pernah ingin ia tunjukkan pada siapapun. Sungguh cukuplah bagi kita, untk memandang sejuknya permukaan bulan, pada sisi yang menghadap ke bumi saja..”

Meskipun saya lebih suka bintang (hoho..bukan karena nama saya lho ya :D), tapi menurut saya kalimat ini mempunyai makna yang cukup dalam. Kadang kita terlalu ingin mengetahui sesuatu tentang seseorang, padahal ia tidak ingin hal tersebut diketahui orang lain. Kadang kita terlalu parno, gak percaya sama orang lain dengan dasar yang sangat tidak kuat: buruk sangka. Oke2, kalo teman-teman gak setuju penggunaan kata kita (karena gak ngerasa gitu), ya.. diganti saya saja… Hikz, hikz, astaghfirullah…

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka karena buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling bermusuhan tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara

Mari bersaudara…🙂 Meskipun kadang (entah kenapa) agak susah buat percaya sesuatu/seseorang… tapi…ada kata2 bagus yang saya dapat dari suatu blog (duh…lupa waktu itu baca dimana… jangan dituntut ya kalo ngrasa dikutip.. ;))

“jika ada kata/sikap yang samar (dapat bermakna baik atau jelek) maka bawalah ke makna yang baik, jika kita mendapati kemungkinan tersebut; yg demikian akan menghilangkan rasa benci serta permusuhan dalam hati”

Oiya, tapi-tapi… kalo emang mau dipercaya sama orang lain..berarti kita juga harus bisa buat ngejaga kepercayaan itu…biar gak mengecewakan orang itu, teman kita, atau siapapun dia…

Wallahu a’lam bish shawab


Actions

Information

6 responses

30 05 2009
ziezahworld

saya suka bulan ……..dan jelas saya suka malam lip….ha ha…karena kehidupanku banyak terjadi di malam hari

30 05 2009
kerlip

di tengah kesunyian malam, di bawah langit bertabur bintang ditemani cahaya bulan.. disitulah kita mengerti betapa kecil diri kita dan juga melihat betapa agung ciptaan Allah…🙂
that’s why we loved night, right?

31 05 2009
ziezah

wa……….krik krik….hidup malam!!!!!hidup!!!!

31 05 2009
kerlip

krik krik juga…😛

4 06 2009
ANONYM

Assalamu’alaykum…

Halo *,salam kenal:)

Hmm..baca tulisan * aku jadi inget ada sebuah ayat ato hadis ya(maaf,lupa nih,gak bakat jadi hafidz T.T,CMIIW,ok?) yang kurang lebih artinya:

” Allah akan menutupi aib suatu kaum sampai hari kiamat kecuali dia sendiri yang membukanya”

Kita analogikan aja ma acara-acara TV sekarang dimana banyak reality show yang “menjual” kehidupan pribadi seseorang. Baik itu dalam bentuk talkshow curhat sampe berujung pertengkaran maupun reality show untuk mencari dan mempublikasikan aib dari seseorang dengan tujuan memberinya pelajaran(baca:balas dendam). Belum lagi kita menghitung banyaknya acara yang menyebarluaskan kabar burung yang tidak jelas kebenarannya atau biasa disebut gosip (baca:infotainment)

Astaghfirullah…begitu piciknya pemikiran orang saat ini. Hanya karena rupiah mereka tega menjual dan mengintimasi privacy seseorang. Bukankah hukum ghibah itu haram? Bahkan dalam suatu hadist Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa seseorang yang menceritakan aib saudaranya(ghibah) ibarat memakan bangkai saudaranya tersebut.

Namun juga tidak sedikit banyak pelaku dunia hiburan yang justru bangga (atau dengan kata lain yang semakna) jika aib mereka dipublikasikan dengan tujuan agar mereka semakin terkenal. Tentunya aku tidak perlu menyebutkan contohnya karena pasti sudah pada tau:) Kalau sudah begini siapa yang salah???

Oh iya,pesen buat *:
Awas ya *, kalo abis nulis artikel ini masih liat infotainment ato bergosip ria😉

Wallahua’lam bishshowwab…

9 06 2009
kerlip

wa’alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh,
salam kenal juga ya ANONYM…😛
makasih atas kunjungan dan komennya ya AN…

iya AN (sok kenal banget nih), bener banget tuh…

whua, whua… insya Allah AN… kalo liat infotainment sih emang gk pernah lagi ya… kurang kerjaan ngikutin berita orang gitu. waktu kita kan berharga (dan emang nikmat yang sering kita lalaikan selain sehat), ngapain buat liat gitu… bergosip?? niat si gak ada, tapi kadang kok suka “nyeplos” nyebut nama temen ya.. hehe..

mari semua, sama2 belajar.. menghargai orang lain dengan tidak membicarakannya di belakangnya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: