Sulitnya Berlaku Adil

13 05 2009

Berbeda dengan tugas-tugas di modul sebelumnya, tugas modul empati Hemato_Onkologi terbilang agak nyleneh. Apa itu? Tak lain tak bukan adalah donor darah! Hm..terbilang kreatif lah sebenernya. Sebagai hukuman, pengelola memilih memberikan “hukuman” membuat makalah untuk mahasiswa yang tidak mendonorkan darahnya. Sebenarnya hukuman ini lebih ditujukan kepada mahasiswa yang gak mau disuntik buat diambil darahnya (habis jarumnya gede…hehe). Padahal, tujuan donor darah ini ingin mengajarkan mahasiswa untuk berempati kepada pasien yang ditusuk-tusuk buat diambil darah, ditransfusi dsb. Setidaknya pernah merasakan gimana sakit dan gak enaknya. Harapannya, kalo nanti mahasiswa ini sudah berhadapan pasien untuk mengambil darah, nilai empati itu akan muncul: ditusuk itu sakit, jadi lakukan dengan benar dan mengertilah kekhawatiran pasien. Ya, kurang lebih seperti itulah.

Tapi masalahnya, pendonor kan juga butuh kriteria inklusi dan eksklusi. Misalnya, pendonor harus punya berat minimal x. Kalo beratmu kurang dari x, maka kamu gak boleh donor. Akibatnya? Ya kamu harus bikin makalah juga (walaupun alasan kamu bukan takut jarum). Hm, okelah kalo berat mungkin masih bisa dipacu untuk naek dalam beberapa hari (demi bisa donor dan gak perlu bikin makalah :D). Nah, sekarang gimana kalo kamu habis kena demam berdarah dalam 6 bulan terakhir? Darahmu juga gak boleh didonorin… Akibatnya? Ya, bikin makalah. Mau bilang gak adil? Hm…susah juga ya. Masalahnya, kalo orang-orang dengan alasan tersebut diijinkan tidak donor tanpa bikin makalah, kemungkinan alasan-alasan itu akan dijadikan alasan pembenar (rekayasa) untuk tidak mendonorkan darah. Jadi, kalau mau bilang keputusan ini gak adil…Hm, emang adilnya gimana? Cuma bisa bilang, ternyata adil susah ya..

“Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil dan berbuat ihsan, serta memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran” (An-Nahl: 90)

Jadi? Terima sajalah. Donor darah berguna, bikin makalah juga berguna..🙂


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: