Jangan Mundur; Maju dan Hadapilah…

9 04 2009

Bismillah

Belajar tentang sistem imun dalam tubuh kita mirip membaca sebuah cerita perang. Ada musuh, benteng pertahanan, pasukan-pasukan, senjata-senjata. Lengkaplah semua. Memang kenyatannya, sistem imun kita itu adalah sistem pertahanan tubuh, jadi ya tidak jauh-jauh dari urusan “perang”. Seperti sistem lain dalam tubuh kita, sistem imun pun mampu mengajarkan banyak hal. Dan satu hal yang ingin saya sampaikan disini adalah: Kemampuan Menghadapi Tantangan.
Dua pasukan dari sekian banyak pasukan yang ada dalam tubuh kita adalah netrofil dan monosit. Dua sel ini merupakan jenis leukosit (lebih kita kenal dengan istilah sel darah putih). Ketika tubuh kita kedatangan musuh, yaitu benda-benda yang dianggap asing oleh sel-sel tubuh kita, sel-sel ini akan dikeluarkan dari kandangnya. Mereka dilepaskan dari sumsum tulang ke peredaran darah menuju jaringan tempat dimana musuh berada. Sekalinya masuk dalam darah, mereka tak pernah kembali. Mereka terus berjuang, berjuang sampai titik darah penghabisan. Mereka tak pernah mundur.

Kemudian saya teringat akan sebuah ayat:
‘Hai orang-orang beriman, apabila kamu bertemu orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan lainya maka, sesungguhnya orang itu kembali membawa kemurkaan dari Allah dan tempatnya ialah neraka Jahanam. Dan amat buruklah tempat kembalinya,” (Al-Anfaal: 15-16).

Intinya: mundur dari medan perang itu adalah perbuatan yang hina dalam Islam (kemurkaan Allah gitu lho).

Saya mencoba berpikir, jika boleh diibaratkan, hidup ini layaknya medan pertempuran. Pertempuran untuk memperjuangkan cita-cita, mimpi, prinsip dan semacamnya. Huff, jadi (mungkin) dalam hidup ini sebagaimana dalam medan pertempuran sesungguhnya (yang jarang kita temui saat ini), kita tak boleh mundur dari medan pertempuran itu. Berjuang, maju dan hadapi setiap tantangan yang ada dalam hidup, jika kita yakin itu benar. (Termasuk pertempuran untuk menyelesaikan kuliah ini secara baik-baik..🙂 ). Wallahu a’lam bish shawab.

*3 bulan menjelang masa klinik.. dag dig dug..*


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: