Alveoli Mengajarkan…

14 03 2009

Di suatu bagian kecil dalam tubuh kita, kala itu (oleh karena suatu sebab yang panjang kalo diceritakan disini :D) sebuah alveolus (yaiyalah…kalo jamak ya alveoli) sedang collaps. Masih ingat apa itu alveoli? Itu lho…sesuatu yang ada di paru-paru kita, bulat-bulat kaya anggur. Fungsinya untuk pertukaran O2 dan CO2 (inget dong…biar kebayang…seru ni ceritanya… :D)

ini alveoli lho..

ini alveoli lho..

Kembali pada alveoli yang sedang sekarat. Jika dapat alveoli berkata, mungkin ia akan berteriak: “Tolong aku…aku bisa mati jika terus seperti ini”.
Tapi, tanpa alveoli collaps itu perlu berkata pun, ternyata saudaranya sesama alveoli mengerti bahwa seorang kawannya sedang butuh bantuan. Maka, mereka pun segera bergerak tanpa membuang waktu lagi. Ikatan antara alveoli yang tengah collaps itu dengan alveoli di sekitarnya memang begitu kuat. Jaringan ikat mempersatukan mereka. Oleh karena itu ketika satu alveoli collaps, maka yang lain akan menariknya. Mereka menyelamatkannya. Tidak meninggalkannya dan tidak membiarkannya sendirian mengatasi kesulitan, masa kritis menjelang “ajal”.

Visualisasi berikut mungkin bisa membuat lebih jelas:

scan0002

Jika dianalogikan dengan ukhuwah yang kita miliki, sudahkah seperti alveoli-alveoli ini? Adakah kita hanya ada di saat senangnya dan berlalu di saat kesulitannya? Adakah kita membiarkannya? Maaf untuk semua, jika saya pernah berlaku demikian… Mohon diingatkan ya teman-teman..

–sebuah introspeksi untuk satu tahun yg telah berlalu bersama bu kadept maniez–

UPdate: thx tokarina atas koreksinya di artike ini


Actions

Information

12 responses

14 03 2009
hidayatus

Subhanallah…Alveolus ini sangat luas kan permukaannya…luas bgt malah..dengan bentuk yang sekecil itu…Sehingga dengan permukaan yang luas ini pertukaran antara O2 dan CO2 akan lebih efektif dan efisien…(sok tau gini kan gw)

14 03 2009
kerlip

yup..gak sok tau kok…emang bener kaya gitu…:) yang anak olimp bio mah lebih ngerti ni kayanya..๐Ÿ˜€

18 03 2009
yazid

ini neh..klo calon dokter ya postingannya kek gini๐Ÿ˜€

18 03 2009
gandaaa

subhanallah ya k kerrrlipoooo
hmm,,,hmmm,, sejujurnya ganda g tau mau komen apa,,hehe
secara lg butek ni,,,

semangaddd!!!

19 03 2009
Crescent Hikari

Sebenernya bingung juga mau komen apa di artikel ini, karena ketika baca baru tau ternyata ada organ tubuh yang diciptakan oleh Rabb kita seperti itu, subhanallah…
Jadi bertanya-tanya juga pada diri sendiri, kapan ya bisa bener2 seperti alveoli2 itu?? T_T

19 03 2009
shalimow.com

alow salam kenal ya
thanks berbagi ilmunya
bisakah tukar link?
kalo berkenan tolong kabari saya ya
tx

19 03 2009
kerlip

@yazid: scripta manen mas๐Ÿ™‚

@gandaa: semangadd ya de’!! haduh..baca ini tambah butek yak?๐Ÿ™‚

@Crescent Hikari: ya maap deh kalo artikelnya bikin bingung..masih belajar nulis..๐Ÿ˜› Kapan ya..Hum, 3M aja deh, mulai sekarang, mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri…

28 03 2009
hidayatus

Kerlip…ditunggu lagi postingannya…mana nih? hehhehe

29 03 2009
kerlip

lagi banyak kerjaan..jadi melewatkan posting akhir pekan kemarin,, thx anw..hehe..

30 03 2009
karin

Aq jadi ingin menjadi “alveolus” Lip…
Hehehe…
~Another idol listed~
Tapi tetap lebih mengagumi penciptanya sih…
Subhanallah!

31 03 2009
kerlip

wow…bikin alveolus fans club aja pa?? setuju……tetap lebih kagum sama penciptaNya..๐Ÿ˜€

31 03 2009
hidayatus

Hah…bikin alveolus fans club? terus kita mau ngapain? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: