katanya…”unlimited”: sebuah cerita saat kuota habis tiba-tiba

5 03 2009

Kurang lebih sejak dua minggu yang lalu saya berlangganan internet dengan ISP m2. Sampai kemarin (sehari sebelum artikel ini ditulis), alhamdulillah semua lancar tidak ada masalah. Ngurus koneksi, install modem dsb juga tidak bermasalah untuk ukuran awam macam saya iniπŸ˜€

Tapi tiba-tiba..

Sore itu koneksi saya terputus tiba-tiba. Lebih tepatnya, dialihkan secara tiba-tiba ke halaman registrasi m2 dengan pemberitahuan kurang lebih seperti ini.. “kuota Anda sudah habis..kecepatan koneksi Anda selanjutnya adalah 64Kbps”. Waduw..baru juga dua minggu kok udah habis aja ya.πŸ˜€

Pesan itu dilanjutkan “Silahkan restart browser Anda untuk dapat menjalankan koneksi kembali dengan kecepatan akses yang baru”. Wah, berhubung “perjanjiannya memang harus beralih ke 64Kbps setelah melewati jatah tertentu, ya saya nurut aja deh..

Akhirnya saya pun merestart web browser saya. Setelah restart dan mencoba membuka yahoomail, ternyata sekali lagi koneksi dialihkan ke m2..Tapi kali ini dengan pesan yang berbeda karena saya diminta isi pulsa alias top up. Waduw..bisa gawat!! Pertama, saya lagi butuh banget buat ambil slide kuliah karena besoknya ujian..Kedua, saya merasa dibohongi karena unlimited itu harusnya berlaku sebulan, sedangkan saya baru memakai 2 minggu.

Akhirnya tergerak oleh rasa panik dan penasaran, saya mengirim sms kepada teman saya.

masa berlaku perdana m2 itu satu bulan kan?

Takutnya saya su’udzon sama m2, barangkali memang ada perbedaan kuota untuk perdana. Tapi teman saya itu menjawab:

iya..sebulan kok

waduw..jadi tambah penasaran dan panik saya. Bahkan demi memastikan, saya kembali mengirim sms dengan pesan yang mirip..hehe.. Dan teman saya itu bilang:

yaudah, kamu YM pake HP aja, nanti aku bantuin caranya buat ngakali

Berikut instruksi yang diberikan teman saya itu

Klik Start pilih Connect to pilih Show All Connection pilih m2

Klik kanan dan pilih properties

pilih tab general lalu configure dan pilih kecepatan maksimum

pilih tab option –> uncheck display progress while connecting di dialing option

kemudian di redialing option, isikan 10000 di redial attempts dan 1 untuk time between redial attempts..

Dan hasilnya…

saya menunggu sampai hampir setengah jam sampai bisa konek lagi..-.-“

Tapi…dengan cara yagn berbeda!! hahaha..

Berhubung saya agak capek nungguin rekursi yang lama itu gak selse2. Akhirnya saya mengembalikan ke settingan awal dan merestart nenec saya. Terus, berhubung saya juga pake modem huawei yang sudah ada software untuk milih koneksi jadi saya pilih konek dari software tersebut saja. Dan berhasil. Sekarang dengan deg2an saya mencoba buka google dan berhasil!! Alhamdulillah…

Jadi..saya gak tau deh..yang dikasih tau teman saya itu ngaruh gak ya?? Karena penyelesaiannya seperti itu, saya jadi berpikir bahwa kelainan terletak pada “administrasi” m2nya, bukan bisa konek atau gak. Sedangkan saya pikir, yang teman saya kasih tau itu adalah cara konek ke internet..bukan konek ke alamat selain m2 sebagaimana masalah yang saya hadapi..

Haha…miskom kali ya..πŸ˜€ Atau memang yang diajarkan teman saya benar tapi saya gak tau itu benar? maklum..cupu..hehe

Tapi cara yang diajarkan teman saya itu bisa dipakai kok di lain kesempatan..atau jika Anda mengalami kesulitan koneksi ke internet dan malas untuk ngulang “klik konek” yang bisa nyampe puluhan kali ketika jaringan benar-benar padat..πŸ˜€


Actions

Information

9 responses

7 03 2009
yazid

wah wah..

seru jg ceritanya

aq rencananya jg mw beli M2..tp denger2 di jogja lg dihentikan sementara penjualannya T.T

7 03 2009
kerlip

@yazid: hehehe..sok heboh yang cerita..πŸ˜€ kok dilarang kenapa? udah terlalu padat kali ya??
info: katanya flash lebih cepat lho tapi sedikit lebih mahal
@Crescent Hikari: yup..mari2 write down ur opinion here..halah. Ya iyalah.. kalo tulisanmu baru tuh..techie semuaπŸ˜€
itu yang bikin seru waktunya…karena lagi butuh banget konek internet waktu itu..-.-”
makasih mas..

7 03 2009
Crescent Hikari

hmm… akhirnya komentar juga nih…πŸ˜€
di antara tulisan yg laen tulisan ini yg lumayan techie sejauh ini… heheheπŸ˜€
ga pernah pake m2, yg diatasnya 1 digit pun juga udah lama ga pernah pake…
tapi seru juga pengalamannya…πŸ˜€
semangat de’ Kerlip…

@Yazid : bisa dihentikan juga tho zid si m2 penjualannya??

7 03 2009
hamka

“dilarang” kasusnya sama kayak flash dulu, diperbaiki jaringannya katanya..

cara yang diajari temanmu itu, sama kek caraku, keknya sama-ama diajari mr.w**nuπŸ˜€

7 03 2009
kerlip

@hamka: oo..gitu ya ham, mau diperbaiki ceritanya.. wah..oknum tersebut deh.πŸ˜€
@ yazid: malahane apik to mas kalo nanti diperbaiki sapa tau jadi lebih cepet

7 03 2009
Crescent Hikari

@kerlip: sebenernya udah bisa ditebak sih siapa oknumnya sejak awal… :p
halah… tempatku ndak techie2 amat kok dek yg baru… hehhee…
smangat ya de’ nulisnya…
moga tulisannya bermanfaat…
hehehe kayanya trafficnya rame nih skarang blogmu ini… mulai banyak yg komen walau hanya orang2 ini aja…

@hamka: wah kalau flash kan emang limited ham sek iso nganggo… udah ditutup juga kok sekarang pendaftarannya… ya ga seperti indosat yg jor2an tanpa memikirkan ledakan pengguna…

7 03 2009
kerlip

@ Crescent Hikari: hehe.. oknum senior m2 saia ternyata teman anda.. =p aamiin..semoga bermanfaat.
wah..dari dulu tuh blog ini malah ditutupi alias ga dipublish lho..baru akhir2 ini aja agak niat ngurusi.. yaiya..baru prolog..gimana mau techie coba??

8 03 2009
wzn

aduh maaf, ternyata salah nganalisis masalahnya..
jadi malah membuang waktunya anda..πŸ˜€
tapi jadi geli kalo dipikir2.. hahaaha.. :))
sekali lagi minta maaf..πŸ™‚

8 03 2009
kerlip

wah..akhirnya wzn sebagai oknum tersangka turut berkomentar..hihihi..πŸ˜€
pizz V
gpp…syukur2 dah ditolongin..
berguna kok infonya, jadi skarang kalo susah konek bisa pake cara itu..
makasih ya..

Leave a Reply

