Ear Candle, is it needed??

5 03 2009

Anda pernah dengar ear candle? Coba googling dulu jika belum pernah..😀
Akhir-akhir ini penggunaan ear candle semakin poluler saja. Candle ear ini sesuai namanya, merupakan lilin yang berbentuk silinder (panjangnya kira-kira 10 inchi) yang digunakan untuk membuang kelebihan serumen alias kotoran di liang telinga. Hal ini dilakukan dengan membakar bagian atas lilin untuk menciptakan suasana vakum agar serumen dan kotoran lain di telinga dapat mengalir (definisi berdasarkan FDA alias Food and Drug Association).

Dalam banyak artikel yang bisa Anda temukan dari google, Anda dapat menemukan banyak sekali kegunaan dari ear candle ini. Dikatakan ear candle bermanfaat untuk mengeringkan kotoran dalam telinga, juga membuat rileks dan enteng. Selain itu, penggunaan ear candle dipercaya dapat menghilangkan energi negatif pada tubuh kita. Bahkan ada yang mengatakan ear candle dapat digunakan untuk menyembuhkan penderita tuli sekaligus mempertajam pendengaran, vertigo, migrain, infeksi telinga tengah (otitis media), dan juga untuk kecantikan.
Apakah semua itu benar??

Sayangnya…fakta mengatakan bahwa…

The product labeling is false and misleading in that there is no validated scientific evidence to support the efficacy of the product for its intended use. Also, the label of the product contains inadequate directions for use since adequate directions cannot be written for the product’s purported use. CDRH considers the product to be dangerous when used according to its labeling, since the use of a lit candle in the proximity of a person’s face would carry a high risk of causing potentially severe skin/hair burns and middle ear damage.

Artinya kurang lebih…

Penggunaan produk ini tidak tepat karena tidak ada bukti ilmiah yang mendukung efikasinya. Selain itu, label produk ini juga tidak mengandung cara penggunaan yang cukup lengkap karena cara penggunaanya tidak dapat dituliskan untuk tujuan pemakaiannya. Selain itu, penggunan lilin ini yang dekat dengan wajah mempunyai risiko tinggi menyebabkan terbakarnya kulit atau rambut yang parah serta merusak telinga tengah.

Nah lo?? ini bukan kalimat dan pernyataan yang saya susun sendiri lho. Silakan untuk info lebih lanjut bisa dibuka di yang merupakan website resmi FDA (Food and Drug Association).

Jadi, apakah Anda masih berpikir ear candle ini diperlukan?? Padahal harganya lumayan mahal lho..Sayang atuh uangnya..😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: