Pantas Jika Diulang 31 Kali…

2 03 2009

Sudahkah Anda membaca Qur’an setiap hari? Sudah berapa kali Anda khatam membaca Qur’an? Pernahkah Anda mengamati adanya sebuah ayat yang diulang 31 kali dalam surat yang sama? Kalau Anda mengaku muslim, harusnya Anda bisa menjawab. Qur’an itu kan panduan hidup bagi seorang muslim, kalau isinya saja tidak tahu?? Wah..bisa repot..Saya juga tidak tahu semua sih, tapi sedang mencoba..(Doakan istiqomah).

Gimana? Sudah menemukan jawabannya? Surat apakah dan ayat manakah yang sya maksud? Ya..Anda benar!! Ar Rahman..Ar Rahman lah surat yang saya maksud. Ar rahman berarti Maha Pengasih. Ya, surat tersebut menggambarkan kepada kita betapa Allah sangat besar kasih sayangnya kepada hambanya. Sayang seribu sayang..sebagai hamba mungkin banyak hal yang kita lupa untuk syukuri atas segala nikmat, karunia dan kasih sayangnya itu.

Maka pantaslah kiranya jika Allah bertanya “maka nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang kau dustakan?”. Tidak tanggung tanggung!! 31 kali pertanyaan tersebut diulang. Saya mencoba memahami. Tak terlalu sulit untuk disimpulkan, karena dengan membacanya pun saya rasa (jika kita masih punya hati) hati kita akan menangis. Peringatan yang tajam: KURANGNYA RASA SYUKUR. Astaghfirullahal’adziim..ya Allah ampuni hambaMu ini.

Pernahkah kita bayangkan hidup tanpa melihat? bagaimana jika fungsi mata ini Allah ambil kembali? pernahkah terbayang? Sungguh saya tidak bisa membayangkannya. Delapan puluh persen informasi yang kita terima dari dunia luar sampai kepada kita melalui mata. Jika ia tidak berfungsi, maka…(saya rasa Anda bisa melanjutkan sendiri). Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi kah yang kamu dustakan?

Jika kau tahu bagaimana mata bisa bekerja, tentu akan lebih takjub lagi akan kasih sayangNya. Tentu akan lebih mengerti, mengapa ayat itu perlu diulang 31 kali. Tentu akan menangisi betapa kufurnya kita akan nikmatNya.

Hum,,baiklah saya akan sedikit berbagi keajaiban mata kita..agar kita lebih mengerti teman..

Masih ingat struktur mata kan? Semoga ingat…kasian guru biologinya dulu..udah capek2 ngajarin masa dilupain =pstruktur mataYup,,bagian depan mata..ada kornea (yang warna-warni tuh..) dan dibelakangnya ada lensa mata. Kedua struktur ini bersifat bening alias transparan. Tidak ada pembuluh darah yang melewatinya. Cahaya yang masuk ke mata kita perlu melewati kedua stuktur tersebut agar dapat difokuskan di retina (tempat terbentuknya bayangan dari objek yang kita lihat). Kebayang dong ya kalau kedua struktur itu ada pembuluh darahnya? Tentu cahaya yang masuk ke mata kita tidak sepenuhnya sampai di retina..karena terhalangi pembuluh-pembuluh darah itu. Hasilnya,,,mungkin benda yang kita lihat akan tampak “dipenuhi coretan” atau “berbenang ruwet” gara-gara si pembuluh darah tadi menjadi penghalang. Nah,,Allah sudah menciptakannya sedemikian rupa sehingga mereka ini transparan sehingga kita bisa melihat dengan jelas alias kinclong =D. Nah, masalahnya..kalau kedua struktur itu tidak punya pembuluh darah..terus dari mana mereka dapat makan? Jika kalian bertanya Tenang..tenang sodara2..Allah sudah membuatkannya…jadi, di antara kornea dan lensa itu terdapat suatu ruangan yang berisi suatu cairan..cairan inilah yang berperan dalam memberikan nutrisi untuk si korna dan lensa. Lengkap!! Sempurna!! Perfecto!! =D

Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang kamu dustakan?? T>T


Actions

Information

3 responses

7 03 2009
greatpetroleum

GREAT….hmmm…ini surat yang gw suka sejak smp kelas 3…waktu itu guru “ngaji” saya ngasi kaset (tape recorder) murottal surat ini….waktu itu termenung, “kok ada surat seindah ini ya?”…tapi sekarang kasetnya udah “mbeyor” karena sering diputer dan udah lama…tapi tetep…surat favorite gw.

NB : Alhamdulillah..Blognya aktif lagi,

7 03 2009
kerlip

tussy ya?? ndak pake nama asli ni, harus nebak2 dulu. yup..surat favorit nih, kalo dibacain dalam atensi penuh bikin “nangis darah”. Yah..kebetulan sedang aktif lagi..πŸ˜€ Makasih udah tengok2 kesini..πŸ˜€

17 05 2010
qiqi

ya…,
qiqi suka bnget ama surat ar-rahman…,
bnyak hikmah y bsa kita ambil…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: