the great woman…

14 11 2008

Selama ini sudah sering aku mendengarnya. Betapa hebatnya seorang ibu. Ia mengandung kita selama 9 bulan lalu melahirkan kita. Dua fakta yang sering ktia dengar bukan? Tapi saking seringnya kita mendengarnya mungkin kita jadi resisten. Mungkin kita jadi menganggap bahwa memang sudah kodratnya wanita untuk hamil dan melahirkan. emang sudah kewajiban wanita tanpa bisa diganggu gugat.

Tapi, sekarang saya ingin berbagi tentang ibu kita. ketika ia mengandung dan melahirkan kita. Bagi seorang wanita, ia ibarat menandatangani kontrak mati ketika memutuskan untuk mengandung anak. Anemia akibat kekurangan besi lebih sering ditemukan bagi ibu hamil. Si ibu harus berbagi besi sebagai bahan dasar sel darah merah dengan bayinya. Akibatnya si ibu menjadi pucat, lemas dan lelah. Belum lagi mual-mual yang terasa menyiksa. Membuat ibu jadi ogah makan. Risiko hipertensi pada ibu hamil juga meningkat. Akibat penignkatan kadar hormon estrogen pada kehamilan, air dan natrium diretensi sehingga tekanan darah ibu pun meningkat. Padahal, hipertensi pada ibu hamil bisa berakibat terjadinya preeklampsi. Preeklampsi ini pun masih punya dampak lagi berupa timbulnya kejang-kejang pada si ibu. Risiko perdarahan pun meningkat. Padahal, aliran darah ke uterus pada wanita hamil meningkat sebesar 500ml/menit. Jadi, dalam 10 menit saja darah ibu bisa terkuras habis. Kematian pun tidak dapat dihindari.

Belum lagi, seiring bertambahnya usia kehamilan, si bayi semakin mendesak paru-paru ibu. Si ibu menjadi susah bernapas. Jantung ibu pun harus bekerja lebih keras memompa darah ke organ-organnya yang mengalami perkembangan. Belum laig, pasokan darah ke si janin harus dipenuhi. Risiko infeksi pun meningkat.

Sebenarnya masih banyak fakta lain yang memperlihatkan kepada kita betapa beratnya mengandung itu. Nyawa dipertaruhkan. Tapi, saya sadar sepenuhnya, betapa saya belum berbakti kepada orang tua.. terutama kepada ibu… Ibu, maafkan aku…yang tak sempurna mencintaimu…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: