Lihat Dia

17 10 2009

IMG00020-20091004-1754

Saya tak ingin menghilangkan makna dari gambar ini dengan banyak kata. Lihat, renungkan (atau tulis saja apa yang Anda pikirkan).





Pembawa “Hujan”

13 10 2009

Bismillah…

Beberapa waktu yang lalu di tengah tugas jaga malam, saya terlibat obrolan sepintas kilas tapi berbekas dengan teman saya. Malam itu agak lain dari hari-hari sebelumnya. Jika biasanya tim jaga jarang/tidak mendapat pasien baru, maka malam itu rekor pecah: tiga pasien baru sekaligus. Menyadari “kelainan” itu, teman saya sempat berkomentar:

“Wah, pasiennya banyak. Jangan-jangan ada pembawa “hujan” disini.”
“Huzz, gak boleh ngomong gitu”
“Iya, iya, bercanda kok.”

Saya percaya bahwa waktu itu teman saya hanya asal nyeplos, bercanda saja. Percaya gak percaya, keyakinan semacam ini telah mengakar, turun temurun lintas generasi. Mungkin kali pertama pendahulu kami mencetuskan pun hanya sebatas bercanda. Tapi lama-lama dirasa “benar”. Katakanlah waktu itu, ketika si A dan B jaga, banyak pasien masuk. Kali kedua si A dan C jaga banyak pasien masuk pula. Kali ketiga si A dan D jaga, pasien masuk banyak juga. lalu teman-teman A pun berkesimpulan, “tuh kan, kalau si A yang jaga, banyak pasien masuk, jadi capek kan”. Ah, ide ini terlihat sederhana, tapi sebenarnya tidak.

Ide tentang “pembawa hujan” mungkin awalnya hanya bercanda, tidak sengaja. Namun, lama-lama menjadi seperti kepercayaan yang mengakar yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Saya pernah membaca kisah tentang kaum Tsamud. Kaum yang merasa sial karena keberadaan Nabi Shaleh di antara mereka.

Mereka menjawab: “Kami mendapat nasib yang malang, disebabkan kamu dan orang-orang yang besertamu”. Shaleh berkata: “Nasibmu ada pada sisi Allah, (bukan kami yang menjadi sebab), tetapi kamu kaum yang diuji” (An Naml:47)

Adakah kita melihat kemiripan? Read the rest of this entry »





Untuk yang Lebih Baik

11 10 2009

Akhir-akhir ini kuperhatikan anak kecil itu menjadi lebih rajin sholat berjama’ah di masjid. Di antara jama’ah sholat yang bisa dihitung dengan jari, cukup mudah bagiku mengenalinya dari jama’ah lain yang hampir semuanya sepuh. Ditambah mukena putih bunga-bunga ungu miliknya yang menarik mata. Dengan langkah riang khas bocah, dia melangkah menuju masjid ketika adzan mulai berkumandang. Kemudian ia menggelar sajadahnya dan duduk di serambi masjid. Setelah itu, ia akan mengangkat tangannya, membentuk sikap do’a. Kuperhatikan mukanya lekat-lekat, tampak kesungguhan dalam meminta. Entah apa yang ia panjatkan, aku ingin tahu. Aku ingin tahu, kenapa dia selalu datang lebih awal akhir-akhir ini.

Aku ingin lulus ujian nasional dengan nilai yang baik, aku ingin membahagiakan bapak dan ibuku. Aku sudah berusaha untuk belajar dengan benar, tapi aku tahu Allahlah yang menentukan hasil dari usaha kita. Makanya, aku harus berdo’a, meminta kepada Allah atas keinginanku untuk sesuatu. Berdo’a dengan baik dan sungguh-sungguh agar Allah mengabulkan do’aku. Kata guru mengajiku, ada waktu-waktu yang baik untuk berdo’a, ketika peluang do’a itu terkabul lebih besar dari do’a pada waktu biasa. Dulu, aku datang ke masjid ketika iqamah atau bahkan ketika raka’at terakhir, habis kalau adzan aku masih asik main sama teman-teman. Lalu ayahku berkata beberapa hari lalu bahwa waktu antara adzan dan iqamah itu juga waktu yang utama untuk berdo’a. Maka aku tak ingin melewatkan kesempatan itu.

Read the rest of this entry »





Jungkir Balik Geriatri

9 10 2009

2006? SOLID!!:mrgreen:

Teman2, ini ada sedikit warisan dari kelompok I-kan yang ketiban giliran pertama melewati stase Geriatri. Semoga bermanfaat.

Sebelum masuk geriatri, tentu lebih baik kalau teman-teman tahu apa itu geriatri. Katanya, tak kenal maka ta’aruf (kenalan), hehe. Geriatri adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang kesehatan dan penyakit pada usia lanjut. Pasien geriatri berbeda dari pasien usia lanjut. Ada beberapa ciri khas pasien geriatri yang membedakannya dari usila, yaitu: multipatologi (penyakitnya >2), daya cadangan faal menurun, perubahan status fungsional (PENTING ini, nanti belajar lebih lanjut ya), gejala klinik yang tidak khas (misal pneumonia yang biasanya ditandai demam dan batuk berdahak justru yang terlihat hanya gejala penurunan nafsu makan atau bahkan delirium), dan gangguan nutrisi. Cukup ya kenalannya, sekarang lanjut ke kegiatan dan tugasnya ya.. Read the rest of this entry »





Akhiri Ini dengan Indah

4 10 2009

Bismillah..
Wah, ternyata lama banget saya menelantarkan blog ini. Terimakasih saya haturkan buat yang masih mau berkunjung…

Pada posting kali ini, saya akan menyisipkan sebuah video, semoga dapat kita petik manfaatnya. Silakan disimak.


Read the rest of this entry »





late…

2 07 2009

Bismillah…

lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

catch the trainSering banget ya denger kalimat di atas? sampai udah hafal deh, atau malah udah bosen?
Emang bener sih, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Artinya, setidaknya kita pernah mencoba melakukannya. Tapi sayangnya, pada beberapa kasus, terlambat itu justru berarti tidak sama sekali. Iya gak?

Wallahua’lam bish shawab

*gerahnya putihcokelat, lagi pengen merenung aja*





Our Dad Say…

23 06 2009

Bismillah…


Gotta hold on easy as I let you go.
Gonna tell you how much I love you, though you think you already know.
I remember I thought you looked like an angel wrapped in pink so soft and warm.
You’ve had me wrapped around your finger since the day you were born.

You’re beautiful baby from the outside in.
Chase your dreams but always know the road that’ll lead you home again.
Go on, take on this whole world.
But to me you know you’ll always be, my little girl.

When you were in trouble that crooked little smile could melt my heart of stone.
Now look at you, I’ve turned around and you’ve almost grown.
Sometimes you’re asleep I whisper “I love you!” in the moonlight at your door.
As I walk away, I hear you say, “Daddy, love you more!”.

You’re beautiful baby from the outside in.
Chase your dreams but always know the road that’ll lead you home again.
Go on, take on this whole world.
But to me you know you’ll always be, my little girl.

Someday, some boy will come and ask me for your hand.
But I won’t say “yes” to him unless I know, he’s the half that makes you whole, he has a poet’s soul, and the heart of a man’s man.
I know he’ll say that he’s in love.
But between you and me, he won’t be good enough!

You’re beautiful baby from the outside in.
Chase your dreams but always know the road that’ll lead you home again.
Go on, take on this whole world.
But to me you know you’ll always be, Read the rest of this entry »